Adaptasi Guru terhadap Revolusi Teknologi Pendidikan: Analisis Systematic Literature Review  (SLR) tentang Kompetensi Digital di Era 5.0

Authors

  • Sandra Yulihartati Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia Author
  • Jhon Veri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.36275/7txpjz24

Keywords:

Kesanggupan Guru, Era 5.0, Transformasi Digital, Kompetensi Digital

Abstract

Teknologi 5.0 merupakan fase evolusi terbaru dalam perkembangan teknologi yang mengintegrasikan dunia fisik dan digital serta menekankan keseimbangan antara kemajuan teknologi dan nilai-nilai kemanusiaan. Dalam konteks pendidikan, Era 5.0 menghadirkan perubahan paradigma yang mendalam melalui integrasi kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), dan sistem cerdas lainnya ke dalam proses pembelajaran. Penelitian systematic literature review ini bertujuan mengidentifikasi tingkat Kesanggupan guru dalam menghadapi transformasi digital, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi adaptasi teknologi, dan merumuskan strategi pengembangan profesional guru. Metode penelitian menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Penelitian berfokus pada pendidikan, teknologi, dan Kesanggupan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru masih berada pada tahap adaptasi awal dengan tingkat kompetensi digital yang beragam. Faktor usia, latar belakang pendidikan, dan aksesibilitas infrastruktur teknologi signifikan memengaruhi Kesanggupan guru. Guru dengan usia lebih muda cenderung lebih responsif terhadap perubahan teknologi dibandingkan guru senior. Empat strategi utama peningkatan kompetensi guru diidentifikasi yaitu  pengembangan model pelatihan blended learning, kolaborasi lintas institusi, pengembangan kurikulum responsif teknologi, dan pemberdayaan melalui komunitas profesional digital. Pendekatan holistik ini bertujuan mengembangkan kemampuan teknis, berpikir kritis, kreativitas, dan adaptabilitas guru. Penelitian menekankan perlunya pendekatan sistemik dan berkelanjutan dalam pengembangan profesional guru, dengan fokus pada pemberdayaan, aksesibilitas teknologi, dan pengembangan kompetensi adaptif di Era 5.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzia, Fiha, and Usiono Usiono. 2024. “Systematic Literature Review: Peran Kepemimpinan Berbasis Pancasila Dalam Membangun Organisasi Yang Berdaya Saing.” Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganeggaraan dan Filsafat 2(1): 37–48. https://doi.org/10.59581/garuda.v2i1.2321.

Fricticarani, Ade, Amalia Hayati, Ramdani R, Irva Hoirunisa, and Gina Mutiara Rosdalina. 2023. “Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0.” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI) 4(1): 56–68. doi:10.52060/pti.v4i1.1173.

Hanif, Muhammad, Azizi Sm, and Universitas Tanjungpura. 2024. “Adaptasi Guru Terhadap Teknologi Pendidikan Di Era Digital : Tantangan Dan Peluang.” : 1033–44.

Imamudin, Rizal Fahmi, Mohamad Bayi Tabrani, and Wawan Setiawardani. 2024. “Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Pendidikan Pada Era Society 5.0.” Ajie 08(01): 8–17. doi:10.20885/ajie.vol8.iss1.art2.

Imtinan, Nurhana Fakhriyah. 2021. “Gaya Kepemimpinan Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Jurnal Kependidikan Islam 11(2): 189–97. doi:10.15642/jkpi.2021.11.2.189-197.

Muis, Indra. 2025. “Pemetaan Literatur Tentang Layanan Prima Di Perguruan Tinggi : Analisis Tematik Berbasis PRISMA.” 3(1): 12–24.

Nur, Sakiinah1* Almirah, Alfi Fadliya Putri Mahya2, and Gunawan Santoso3. 2022. “Revolusi Pendidikan Di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi.” Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) Vol. 01 No: 18–28.

Nurhaliza, Devina, Hendra, Dede. 2022. “Era Revolusi 5.0 Menuntut Adaptasi Cepat Terhadap Perkembangan Teknologi, Terutama Dalam Bidang Kecerdasan Buatan (AI) Dan Digitalisasi.” Prosiding Seminar Nasional Manajemen 1(2): 72–76. 38+Amelia+Intan+Prasasti+Hal+723-726.

Rachmawati, Yusrifah, and Ida Rindaningsih. 2025. “Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan : Optimasi Kemampuan Guru Di Era Teknologi Canggih Dan Kecerdasan Buatan (AI).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen 3(1): 442–48.

Tamsiyati, Eti, and Riza Kurnia. 2025. “Kesiapan Guru Menyongsong Era 5.0.” 1: 63–67.

Published

2025-06-30

How to Cite

Adaptasi Guru terhadap Revolusi Teknologi Pendidikan: Analisis Systematic Literature Review  (SLR) tentang Kompetensi Digital di Era 5.0. (2025). Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 25(1), 160-166. https://doi.org/10.36275/7txpjz24