Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Penumpang Bus Trans Padang Koridor 2 Rute RTH Imam Bonjol - Bungus Teluk Kabung

Authors

  • Hendri Nofrianto Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Padang Author
  • Verdian Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Padang Author
  • Meli Muchlian Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Padang Author
  • Wilton Wahab Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Padang Author
  • Leli Honesti Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.36275/dt7sce80

Keywords:

Kepuasan penumpang, Metode SEM – PLS, Bus trans Padang

Abstract

Bus Trans Padang Koridor 2 Rute RTH Imam Bonjol – Bungus Teluk Kabung merupakan salah satu moda transportasi publik di Kota Padang. Pelayanan Bus Trans Padang itu perlu memenuhi harapan penggunanya, namun saat ini pengguna merasa kurang puas, terutama dalam aspek kualitas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Metode pengujian SEM-PLS yang digunakan dalam penelitian ini terbagi dua, yaitu outer model (model pengukuran) dan inner model (model struktural). Terdapat lima (5) variabel kepuasan penumpang yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu variabel reliability (waktu kedatangan bus), variabel tangibles (kebersihan interior, tempat duduk, dan jendela bus), variabel assurance (keramahan dan kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan), variabel responsiveness (transaksi yang dilayani atau dilaksanakan dengan cepat dan tepat) dan variabel emphaty (kepedulian petugas untuk mengingatkan penumpang yang akan turun). Hasil penelitian menyatakan bahwa 56% variabel kepuasan penumpang dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan (reliability, tangibles, assurance, responsiveness, dan empathy). Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan penumpang dalam penelitian ini adalah responsiveness (tanggapan petugas terhadap keluhan dan saran dari penumpang).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara News. (2015, Januari 9). Jumlah motor dan mobil di Jakarta tumbuh 12 persen tiap tahun. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/473169/jumlah-motor-dan-mobil-di-jakarta-tumbuh-12-persen-tiap-tahun

Antara Sumbar. (2016). Pengamat: Kemacetan Padang Akibat Lemahnya Rekayasa Managemen. https://sumbar.antaranews.com/berita/182575/pengamat-kemacetan-padang-akibat-lemahnya-rekayasa-managemen?utm_source=chatgpt.com

Arwini, N. P. D., & Juniastra, I. M. (2023). Peran Transportasi Dalam Dunia Industri. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 6(1), 70–77. https://doi.org/10.47532/jiv.v6i1.794

Dafi, R. M. (2022). Studi Perilaku Penggunaan Mobil Pribadi Dengan Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior [Diploma, Universitas Andalas]. http://scholar.unand.ac.id/116784/

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in second language and education research: Guidelines using an applied example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3), 100027. https://doi.org/10.1016/j.rmal.2022.100027

Halim, R., Mahendra, M. I., Alfandi, F., & Eropa, V. Y. (2023). Upaya Mengurangi Kemacetan Lalu Lintas di Sepanjang Jalan Adinegoro Kota Padang. Jurnal Transportasi, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.26593/jtrans.v23i1.6686.45-52

Hariani, M. L., Varadila, V., & Mukhlis, J. (2023). Evaluasi Kinerja Pelayanan dan Tarif Sistem Angkutan Umum Berbasis Bus di Kota Semarang (Studi Kasus: Bus Trans Semarang Koridor I Rute Terminal Penggaron – Terminal Mangkang). siklus: Jurnal Teknik Sipil, 9(1), 28–42. https://doi.org/10.31849/siklus.v9i1.12489

Harto, K. S., Hakim, L., & Tibrani, T. (2022). Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy terhadap Kepuasan Pelanggan di Pelabuhan. JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB), 2(3), Article 3. https://doi.org/10.33373/jmob.v2i3.5156

Husna, N. L. (2022). Perkembangan Trans Padang Sebagai Transportasi Umum diKota Padang (2014-2020). UNP.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2017). Transportasi Sebagai Pendukung Sasaran Pembangunan Nasional. https://dephub.go.id/post/read/transportasi-sebagai-pendukung-sasaran-pembangunan-nasional?utm_source=chatgpt.com

Kompas.com. (2022). Trans Padang: Rute, Harga Tiket, dan Cara Pembayaran Tiket. KOMPAS.com. https://regional.kompas.com/read/2022/12/22/143447778/trans-padang-rute-harga-tiket-dan-cara-pembayaran-tiket

Mumtaza, F. A., & Millanyani, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Urbans Travel. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1645–1661. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3242

Permenhub No. 98 Tahun 2013. (2013). Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek. https://peraturan.bpk.go.id/Details/147747/permenhub-no-98-tahun-2013

Prasetyanto, D., Maulana, A., Rizki, M., & Parantina, M. D. (2021). Kajian Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Bus Trans Metro Bandung Menggunakan Metode Structural Equation Modeling—Partial Least Square (Studi Kasus pada TMB koridor 3 Cicaheum Cibeureum). Jurnal Teknik Sipil, 28(1), 107–116. https://doi.org/10.5614/jts.2021.28.1.11

PSM. (2025). Transpadang (@official_transpadang.psm) • Instagram photos and videos. https://www.instagram.com/official_transpadang.psm/

Putra, A. A., Lalan, H., & Armizoprades, A. (2022). Analisa Faktor—Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Penumpang Bus Trans Padang (Studi Kasus Koridor 1 Lubuk Buaya—Pasar Raya Padang). Journal of Applied Engineering Scienties, 5(2), Article 2.

Rangkuti, M. S., & Sugiri, A. (2014). Kajian Karakteristik Preferensi Penggunaan Moda Transportasi Pribadi dan Publik Kasus: Perjalanan Harian Ke Undip Tembalang. Jurnal Teknik PWK, 3(4), 880–894.

Takdir, M., Weriza, J., & Bakhtiar, R. (2022). Strategi pelayanan kartu e-money (BRIZZI) pada bus trans Padang. Journal IICET, 7(4). https://doi.org/10.29210/30032673000

Widodo, Purba, A., & Wardani, D. W. S. R. (2018). Kajian Kepuasan Pengguna BRT Bandar Lampung Terhadap Kualitas Layanan Menggunakan Structural Equation Modeling. Seminar Nasional Hasil Penelitian Sains, Teknik, dan Aplikasi Industri. Riset PT-Eksplorasi Hulu Demi Hilirisasi Produk, Bandar Lampung.

Published

2025-06-30

How to Cite

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Penumpang Bus Trans Padang Koridor 2 Rute RTH Imam Bonjol - Bungus Teluk Kabung. (2025). Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 25(1), 190-199. https://doi.org/10.36275/dt7sce80