Analisis Pemilihan Pemasok Bahan Baku Karet Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process

Authors

  • Irmayani Universitas Ekasakti Author
  • Hary Fandeli Universitas Andalas Author
  • Mufrida Meri. Z Universitas Ekasakti Author
  • Ratih Zulia Zulia Ramadhani Universitas Ekasakti Author

DOI:

https://doi.org/10.36275/53cy9h88

Keywords:

Analytical Hierarchy Process, Manajemen Rantai Pasok, Pengambilan Keputusan

Abstract

Manajemen rantai pasok merupakan salah satu perencanaan strategis perusahaan. Tahapan kegiatan untuk mendapatkan bahan mentah menjadi barang setengah jadi dan barang jadi, hingga kegiatan pendistribusian produk ke konsumen yang melibatkan produsen, pemasok, distributor, pengecer, dan pelanggan merupakan salah satu mata rantai kegiatan terpenting perusahaan agar sirkulasi produksi yang efektif dan menguntungkan terjamin.  PT Lembah Karet bergerak pada pengolahan karet mentah menjadi karet setengah jadi, (karet remah), yaitu Crumb Rubber SIR 2.  Permasalahan pasokan bahan baku seperti keterlambatan dan perbedaan jumlah yang diterima dengan jumlah yang diorder menjadi permasalahan di lantai produksi hingga bagian pemasaran. Hal ini menyebabkan perusahaan harus menetapkan urutan kriteria penting dalam pemilihan pemasok agar dapat menetapkan pemasok yang tepat.  Pada penelitian ini digunakan metoda Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan software expert choice dan MS processing dalam menentukan urutan kriteria untuk menetapkan pemasok yang tepat di PT. Lembah Karet Padang.  Hasil penelitian menunjukkan variable kualitas merupakan prioritas pertama dalam pemilihan pemasok (33,6%), selanjutnya variable adaptif (21,7%), harga (15,9%), pengiriman (15,2%), dan pelayanan (13,6%). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggani, Baihaqi, & Anggrahini. (2017). Supplier Selection Using Analytical Hierarchy Process at PT. Indolakto. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 27–31.

Ariani, D., & Dwiyanto, B. M. (2013). Analisis pengaruh SCM terhadap Kinerja perusahaan (Studi pada Industri Kecil dan Menengah Makanan Olahan Khas Padang Sumatra Barat). Diponegoro Journal of Management, 2(3).

Chopra, S., & Meindl, P. (2016). Supply Chain Management: Strategy,. Planning, and Operation (6th ed.). Pearson Education Inc.

Irmayani, Fandeli, H., Meri, M., & Effendi, A. (2023). Suppliers selection using analytical hierarchy process method (Case study: CV. Pasaman Perabot). AIP Conference Proceeding. Volume 2691.

Marpilaya. (2017). Pemilihan Pemasok Bahan Baku Pasir, Batu Split, Batu Mangga/Batu Basal di PT Igasar.

Parinduri, S. K. (2018). Pemilihan Supplier dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) di PT. XYZ.

Parthuban, P., Zubar, A., & Garge, C. . (2012). A Multi Criteria Decision Making Approach for Supplier Selection. International Conference on Modeling Optimization and Computing (ICMOC-2012) T, 2312 – 2328.

Pongoh, M. A. (2016). Analisis Penerapan Manajemen Rantai Pasokan Pabrik Gula Aren Masarang. J. Jurnal EMBA, 4(3), 695-704.

Purnomo, D. E. H., & Sunardiansyah, Y. A. (2021). Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Evaluasi Pemasok Kayu Pada Industri Furnitur. Journal Of Industrial and Systems Optimization., 4(1), 1–7.

Saaty, T. L. (2008). Decision making with analytic hierarchy process. International Journal of Services Sciences, 1(1), 83–98.

Published

2025-06-30

How to Cite

Analisis Pemilihan Pemasok Bahan Baku Karet Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process. (2025). Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 25(1), 44-50. https://doi.org/10.36275/53cy9h88